Minggu, 05 Juli 2009

Jalan menjadi konglomerat. (5): Mesin pertumbuhan usaha

Sebuah unit usaha dapat diibaratkan sebagai sebuah kendaraan (vehicle) bagi sang pemilik untuk mencapai tujuan hidupnya.

Sebuah kendaraan tentunya harus memiliki mesin penggerak (engine) dan persediaan bahan bakar (fuel) yang sesuai dan memadai, yang dapat menghasilkan daya gerak (horse power) yang cukup besar sehingga mampu menggerakan kendaraan tersebut untuk selanjutnya melaju sampai ke tujuan. Selain itu, kendaraan tersebut juga mesti mempunyai kapasitas dan konstruksi yang sesuai dengan medan yang akan dilalui.

Demikian juga halnya dengan sebuah unit usaha.
Agar dapat tumbuh secara berkelanjutan, setiap unit usaha harus dilengkapi dengan mesin pertumbuhan dan bahan bakar (permodalan) yang sesuai dan memadai.
Skala dan struktur usaha yang selaras dengan kapasitas mesin pertumbuhan akan dapat membuat sebuah usaha melaju dengan baik serta memiliki daya tahan saat harus melampaui berbagai rintangan dan tantangan usaha.

Mesin Pertumbuhan
Ada tiga buah mesin pertumbuhan yang melekat secara alamiah pada setiap unit usaha, yaitu:
1. Keunggulan Komparativ
2. Keunggulan Kompetitiv, dan
3. Keunggulan Kompetensi

Masing-masing mesin pertumbuhan tersebut memerlukan bahan bakar (permodalan) yang berbeda.
Kesalahan dalam menggunakan bahan bakar yang tidak sesuai dengan kebutuhan mesin pertumbuhan tersebut akan menyebabkan mesin tidak bekerja sebagaimana karakteristik yang dimilikinya atau bahkan menyebabkan mesin pertumbuhan tersebut tidak berfungsi sama sekali sehingga perusahaan kehilangan daya geraknya. Perusahaan mengalami stagnasi.
Sebaliknya, dengan bahan bakar (permodalan) yang tepat dan kemampuan untuk menggunakan ke-tiga buah mesin pertumbuhan tersebut secara bersama-sama dengan selaras, akan membuat perusahaan tumbuh secara maksimum.

....selanjutnya: bahan bakar (modal) usaha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar