Kamis, 14 Agustus 2014




Smart and Sincere

is an option for small and medium entrepreneurs to break through various obstacles in developing a business


Setiap kali kita membahas tentang usaha kecil dan menengah senantiasa muncul 2 hal utama, yaitu: 
  1. Terbatasnya permodalan 
  1. Sulitnya akses pasar 
  1. SDM yang tidak memadai
Ketiga hal tersebut bukan saja muncul sebagai persoalan utama di Indonesia, tetapi juga di berbagai negara, baik itu negara maju maupun negara berkembang.
Perbedaannya, di negara maju kedua hal tersebut dianggap sebagai persoalan profesional dan ada banyak pilihan untuk mengatasinya. 
Sedangkan di negara-negara berkembang persoalan tersebut dianggap sebagai penghalang yang semestinya tidak ada, yang diciptakan atau tercipta akibat sistim atau kondisi umum ekonomi sebuah negara.

Tulisan ini ditujukan untuk memberikan jalan (alternative) bagi para pengusaha kecil dan menengah di Indonesia (atau negara berkembang lainnya), dengan meminjam cara-cara yang digunakan oleh rekan-rekannya di negara maju.


S i k a p (attitude)
Segala sesuatu berawal dari sikap (attitude).
Jarang sekali seorang pengusaha atau calon pengusaha yang menyadari bahwa persoalan yang dihadapinya pada dasarnya bersumber pada sikap pengusaha kecil dan menengah itu sendiri.
Sebagian pengusaha bahkan tidak punya sikap sama sekali dan sebagian pengusaha punya sikap tapi keliru.
Dari fakta tersebut dapat disimpulkan bahwa kebanyakan calon pengusaha dan pengusaha menjalankan usahanya bukan karena panggilan jiwa. Tetapi banyak karena: 
  1. Merasa bisa menjadi pengusaha
  1. Merasa memiliki sesuatu yang bernilai ekonomi (harta karun) yang bisa dijadikan sebagai modal usaha 
  1. Tidak ada pilihan lain.

3 - S i k a p penting
Dari pengamatan pengalaman penulis sedikitnya ada 3 sikap penting yang semestinya ada pada seorang pengusaha, terutama pengusaha kecil dan menengah: 
  1. Integrity
  1. Humility 
  1. Generousity
Dari berbagai interaksi dengan berbagai mitra asing dari berbagai negara maju, ketiga sikap tersebut terlihat sebagai sesuatu yang melekat (built-in) yang ditampilkan dalam memandang dan menyelesaikan berbagai persoalan.

Buku dengan judul Smart & Sincere yang ditulis oleh Prof. Sammy Kristamulyana secara tidak langsung menguraikan berbagai hal yang merupakan kiat-kiat dari banyak usaha besar di berbagai negara maju yang bermuara pada ketiga sikap tersebut di atas.

Pengalaman penulis dalam mengembangkan sebuah industri dari tingkatnya yang paling sederhana (kecil) sampai dengan mencapai tingkat perusahaan kelas dunia dalam kurun waktu lebih dari 20 tahun, telah memberikan bukti bahwa dengan memegang teguh ketiga sikap tersebut dalam menjalankan usaha, segala sesuatunya berjalan dengan baik dan relatif mudah.
Ketiga persoalan tersebut di atas (modal, pasar dan SDM) hampir-hampir tidak pernah dijumpai sepanjang perjalanan penulis membesarkan industri Peralatan Rumah Sakit di Indonesia.
Tanpa sikap yang benar maka mustahil sebuah usaha dikembangkan dengan tingkat pertumbuhan 30% dalam kurum waktu lebih dari 20 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar