Sabtu, 05 September 2009

Leadership: Pemimpin yang hebat

Ucapan Colin Powel yang dikutip oleh Oren Harari dalam bukunya "Break from The Pack" sungguh sangat menarik. Dia bilang, "Anda bisa disebut sebagai pemimpin yang baik ketika orang mengikuti Anda hanya karena ingin tahu".

Dalam buku tersebut dijelaskan bahwa ketika para pemimpin membawa organisasi di jalur yang menarik dan memancing minat, berarti mereka mengundang orang yang tertarik dan terpancing minatnya untuk bergabung, untuk ikut melihat sesuatu terjadi dan atau untuk ikut membuat sesuatu terjadi.

Pemimpin yang baik (hebat) tidak harus mempunyai tujuan yang (menurut nilai moral) "baik". Don Corleone bisa dianggap sebagai Pemimpin yang baik (hebat), bahkan sebagai God Father, walau memimpin mafia.

Sayang, tidak banyak orang bisa melihat atau mengenali para pemimpin hebat. Seringkali justru orang memandangnya dengan sinis atau skeptis. Orang lebih menyenangi pemimpin yang sesuai dengan imajinasinya sendiri. Dan biasanya baru menyesali kekeliruannya setelah dia meninggalkan sang pemimpin hebat.

2 komentar: