Minggu, 05 April 2009

entrepreneur : To see the unseen (3)

Salah satu kebiasaan penting yang membekas dan berlanjut sampai dengan saat ini adalah kebiasaan bangun pagi.
Kebiasaan tersebut semakin menemukan esensinya bila dikaitkan dengan nasihat nenek saya yang setiap saat menganjurkan agar saya bangun pagi, bangun sebelum ayam berkokok, agar supaya rejeki yang diperuntukan bagi saya tidak didahului dipatuk oleh ayam-ayam yang setiap pagi mencari makan.

Sampai dengan saat ini, saya setiap hari masih bangun tidur pada pukul 4.30. Berangkat dari rumah ke kantor pada pukul 5.20 dan tepat pukul 6.00 saya tiba di kantor.

Dengan kebiasaan tersebut, sepanjang perjalanan saya tune-in radio Elshinta yang me-relay BBC London untuk mendengarkan berita-berita dunia, termasuk berita ekonomi, politik, olah raga, pelajaran bahasa Inggris dan kutipan head-line koran-koran yang terbit hari itu di Indonesia.
Seringkali, apabila lalu-lintas ramai dan pada pukul 6.00 belum tiba di kantor, saya masih sempat tune-in radio Heart-line untuk mendengarkan khotbah Pendeta Gilbert Lumoindong atau sedikitnya mendengarkan kata pengantarnya : "Kebahagiaan bukan karena mendapatkan apa yang tidak kita miliki tetapi kebahagiaan adalah mensyukuri apa yang sudah kita miliki". Sebuah kalimat yang hampir setiap pagi mengingatkan saya untuk selalu memikirkan apa yang bisa saya lakukan dengan apa yang saya miliki untuk kepentingan sesama.

Sesampai di kantor, saya tune-in SCTV yang menyiarkan Liputan-6 pagi untuk mendengarkan berita-berita dalam negeri sambil saya menikmati kopi dan membaca Media Indonesia, Sindo, Rakyat Merdeka dan Bisnis Indonesia. Liputan-6 pagi selesai pukul 6.30 dan dilanjut dengan "was-was" sampai dengan pukul 7.30, bertepatan dengan saat saya selesai membaca 4 koran tersebut.

Selesai menjalankan semua rangkaian ritual pagi tersebut, saya mulai bekerja dengan bekal hampir semua informasi yang terjadi selama 12 jam terakhir, termasuk infotaintment sebagai sumber inspirasi yang up to date untuk membuat berbagai keputusan bisnis.

2 komentar:

  1. apapun di jadik informasi ya pak...hebat...;),

    Febi KP

    BalasHapus
  2. ada alamat Facebook pak bun??

    BalasHapus