Senin, 27 April 2009

Jalan menjadi konglomerat. (2) : menuju landas pacu

Kesulitan utama yang dihadapi oleh usaha industri yang jenis produknya "bukan barang konsumsi sehari-hari" atau "bukan barang kebutuhan primer" adalah permintaan (demand) yang tidak stabil.
Untuk komoditi Peralatan Rumah Sakit, kesulitan tersebut ditambah lagi dengan sangat terbatasnya jumlah konsumen dan luasnya geografis Indonesia.

Karakteristik pasar tersebut sangat sulit diantisipasi oleh industri. Kegiatan produksi terpaksa dijalankan dengan sistim "make to order" yang tidak efisien karena produktivitas yang rendah.

Untunglah pada saat yang sama terjadi perubahan pasar Peralatan Rumah Sakit yang cukup dramatis.

Tanpa diduga dan dinyana, pada saat yang sama (paruh kedua tahun 80-an), pembangunan Rumah Sakit bergaya modern baru saja dimulai. Ini ditenggarai dengan dibangunnya beberapa Rumah Sakit Swasta modern seperti Rumah Sakit Metropolitan Medical Center (MMC), Graha Medika, Pondok Indah dan lain-lain.

Bersamaan dengan geliat pasar Pelayanan Kesehatan di sektor swasta, Pemerintah juga melaksanakan program pembangunan besar-besaran Pusat Pelayanan Kesehatan Masyarakat dan Rumah Sakit Umum (Pusat dan Daerah) sepanjang akhir Pembangunan Jangka Panjang Tahap I (Pelita-5, 1988 - 1993) untuk melengkapi program persiapan tinggal landas menuju PJPT II.

Sayangnya, booming permintaan Peralatan Rumah Sakit tersebut tidak serta merta dapat diantisipasi secara masif.
Beberapa kendala yang masih menggelayut, baik internal maupun eksternal banyak menyita waktu, biaya, tenaga dan pemikiran untuk mempersiapkan diri agar siap menangkap berbagai peluang yang muncul.

Persoalan internal baru bisa dikatakan selesai tuntas pada akhir tahun 1990 setelah selama hampir selama 3 tahun berada pada posisi "survival for the life". (baca Never Ending Journey, NEJ I).

Baru pada 1 Januari 1991, kami tepat berada di ujung landas pacu. Siap untuk memacu pesawat menyusuri run away untuk take off, terbang menembus mega.

Now, sky is the limit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar