Rabu, 11 Maret 2009

The Black Swan

Sudah sebulan ini saya membaca buku karangan Nassim Nicholas Taleb dengan judul di atas.
Sebuah buku yang membahas tentang berbagai peristiwa acak dan tidak terduga dalam kehidupan umat manusia (atau kita pribadi). Peristiwa yang berdampak amat besar; nyaris mustahil dapat diprediksi; namun setelah terjadi, kita selalu berusaha merasionalisasinya.

Kecenderungan untuk merasionalisasikan berbagai peristiwa telah membuat manusia modern cenderung mengikuti arus; menjadi Platonis, yaitu orang yang berfokus pada "bentuk-bentuk" yang murni dan terdefinisi dengan baik. Padahal apabila kita mau mengabaikan hal-hal yang ada dalam bentuk (struktur) baku, kita akan melihat berbagai peristiwa acak (di luar struktur), yang seolah tidak berhubunganan satu dengan lainnya tetapi justru menjadi pertanda akan munculnya Black Swan (peristiwa besar yang nyaris tidak diprediksi).

Kepekaan terhadap berbagai peristiwa acak akan membuat kita berhenti berusaha memprediksi segala sesuatu dan membawa kita menemukan beberbagai oportunity yang muncul dari berbagai ketidak-pastian.

Buku yang sangat menarik bagi entrepreneur atau calon entrepreneur untuk membuat terobosan, keluar dari kerumunan (breaking the pack) serta memecahkan kebekuan (status quo) yang selalu coba dipertahankan oleh para pemain lama.

2 komentar:

  1. the black swan adalah buku yang inspiring....
    dan sudah seharusnya kita selalu prepare terhadap perubahan di sekililing kita...

    salam kenal pak buntoro, saya isbat alumni teknik perminyakan 2000, sekarang saya lg belajar jadi entrepreuner di ujung barat pulau jawa tepatnya di kota cilegon, sy jg aktif di kadin daerah, someday saya akan undang bapak untuk memberi inspirasi kepada kami para entrepreuner muda indonesia..

    BalasHapus
  2. Fenomena black swan menyadarkan kita bahwa disamping pertumbuhan yang unscalable (normal, alamiah), selalu ada peluang yang scalable (spektakuler) yang muncul. Namun demikian karena orang cenderung menggunakan kaca-mata kuda maka peluang tersebut tidak terlihat karena terletak pada blind spot.
    Bagi anak muda (entrepreneur muda) black swan adalah peluang untuk melejitkan diri, keluar dari kerumunannya (breacking the pack).

    BalasHapus