Kamis, 26 Maret 2009

entrepreneur : sosok multi dimensi

Pertanyaan yang seringkali muncul adalah: apakah semua orang bisa menjadi entrepreneur?, seberapa besar pengaruh latar belakang keluarga dalam ikut melahirkan seorang entrepreneur?, apakah entrepreneurship bisa diajarkan secara formal di sekolah?, dan seterusnya....dan seterusnya.

Begitu banyaknya pertanyaan-pertanyaan di sekitar entrepreneur dan entrepreneurship, seolah berusaha untuk menguak misteri dibalik seorang entrepreneur.
Sayangnya tidak pernah ada jawaban yang pasti, jawaban yang bisa memberikan gambaran seutuhnya dari seorang entrepreneur.

Apabila pertanyaan tersebut diajukan pada seorang entrepreneur maka kebanyakan jawaban yang keluar adalah penjelasan yang telah dirasionalisasikan sehingga kehilangan esensinya atau hanya cerita heroik bernuansa nostalgia yang subyektif dan situasional.

Melalui beberapa posting berikut ini, saya akan menceritakan pengalaman-pengalaman yang saya alami di masa lampau, yang pikir telah menjadi "faktor" yang ikut membentuk sosok seorang entrepreneur.
Tulisan-tulisan tersebut tidak dimaksudkan untuk menjawab pertanyaan tentang entrepreneur dan entrepreneurship, tetapi hanya untuk sekedar memberikan gambaran betapa kompleksnya proses terbentuknya seorang entrepreneur, termasuk entrepreneurship itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar