Selasa, 03 Maret 2009

Ekspor Indonesia turun 36%

Akhirnya kemarin BPS mengumumkan ekspor Indonesia pada bulan Januari 2009 turun sebesar 36,08% terhadap Januari 2008 atau turun 17,7% terhadap Desember 2008.
Pengumuman ini memang ditunggu-tunggu setelah Jepang dan China mengumumkan penurunan ekspornya masing-masing sebesar 45% dan 17%.
Karena porsi ekspor adalah sebesar 25% dalam pembentukan PDB indonesia, maka pengaruh penurunan ini akan berdampak pada penurunan konsumsi (daya beli) domestik sebesar kira-kira 10% sehingga secara agregat ekonomi Indonesia berkontraksi sebesar kira-kira 15 - 16,5% terhadap Januari 2008.

Fakta tersebut perlu dicermati dengan seksama karena cepat atau lambat akan mempengaruhi aspek ekonomi (penghasilan dan oportunity)masyarakat yang pada gilirannya akan merambat ke aspek-aspek lainnya.
Masyarakat perlu mempersiapkan diri untuk menghadapi kondisi terburuk yang mungkin terjadi karena angka-angka tersebut masih akan terus memburuk.

Sayang sampai dengan saat ini pemerintah masih 'ja-im' dengan bersikap optimis, padahal semestinya pemerintah mengingatkan masyarakat seraya mengajak masyarakat untuk bersama-sama menghadapi krisis yang jelas-jelas telah mulai melanda Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar