Sabtu, 21 Maret 2009

Menjadi Bankable

Menjadi Bankable artinya menjadi seseorang atau perusahaan yang layak mendapatkan pinjaman Bank.
Masalah ini diidentifikasikan sebagai hambatan bagi usaha kecil untuk mendapatkan pinjaman dari Bank yang sangat diperlukan untuk memperluas usahanya.
Memang dirasakan sebagai ketidak-adilan karena di satu pihak usaha kecil begitu sulitnya mendapat pinjaman sedangkan di pihak lain usaha menengah dan besar dengan mudah mendapatkannya, bahkan sekalipun usaha besar dan menengah tidak memiliki agunan (collateral) yang memadai.

Sebagai pengusaha yang bermula dari usaha kecil, saya pun pernah mengalami ketidak-adilan tersebut.

Salah satu hal penting agar sebuah usaha bisa menjadi Bankable adalah usaha tersebut mempunyai "track record" usaha yang mendukung proposal pinjaman yang akan diajukan.
Tanpa "track record" yang sah, Bank manapun tidak akan percaya begitu saja untuk memberikan pinjaman, walau sekalipun usaha yang dijalankan mempunyai prospek yang sangat baik.

Cara mudah dan sederhana untuk menciptakan "track record" adalah dengan menggunakan rekening Bank sebagai sarana untuk menampung seluruh transaksi bisnis.
Mutasi rekening ini secara otomatis akan membuat seluruh kegiatan bisnis tercatat di Bank.

Dengan cara tersebut, tanpa perlu bersusah-payah "track record" yang diperlukan agar sebuah usaha Bankable bisa diperoleh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar